Sharing Koneksi Internet PC Melalui Wifi Router


Saya punya router wifi TP Link TL-MR3020. Router ini saya hubungkan ke port ethernet (LAN) PC dengan harapan:

  1. Saya bisa men-sharing koneksi internet PC ke laptop/HP
  2. Saya bisa mengakses admin router
  3. Saya bisa meng-akses laptop/pc lain dijaringan melalui PC
  4. Saya bisa mematikan router saat tidak diperlukan tanpa mencabut dan memindahkan colokan USB modem Smartfren dari Router ke PC dan sebaliknya. Dan tetap terhubung tanpa putus 🙂

Untuk mewujudkan harapan saya diatas saya melakukan hal berikut ini:

  1. Saya mengatur adapter USB modem di tab Sharing gar bisa di share melalu LAN (ethernet) adapter.
  2. LAN (ethernet) adapter saya beri IP secara manual 192.168.137.1 dengan netmask 255.255.255.0
  3. WAN IP router TP-LINK saya set static ke 192.168.137.254 netmask 255.255.255.0 gateway 192.168.137.1 dan untuk DNS memakai DNS ISP (Smartfren) – Untuk Nusa tenggara DNSnya adalah 10.17.118.187 dan 10.17.118.251
  4. IP LAN router saya atur ke 192.168.0.254, untuk mengakses admin router
  5. Mode router TP-LINK saya set ke AP

Sayangnya, tidak semua harapan saya bisa terpenuhi bersamaan.

Jika saya ingin laptop mengakses internet, IP ethernet PC harus saya set ke 192.168.137.1 (IP gateway WAN untuk Router), saat laptop konek ke internet, PC tidak bisa mengakses admin router karena IPnya beda.
IP router adalah 192.168.0.254.

Memang merepotkan karena saya harus merubah IP LAN (ethernet) adapter PC ke 192.168.0.1
Tetapi karena yang sya harus rubah cuma angka 137 ke 0 dan sebaliknya, saya mersa cara ini masih bisa di tolerir, daripada bangun dari bangku, mencabut colokan USB modem dan kehilangan koneksi internet 😛

Tinggalkan Balasan

